PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN STEM PADA MATERI ALTERNATIVE ENERGY

ASRI, NURMELATI SARI (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN STEM PADA MATERI ALTERNATIVE ENERGY. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (343Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3729Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2321Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis proyek yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan STEM pada materi alternative energy. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model penelitian 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate) oleh Thiagarajan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik non tes dan teknik tes dengan penilaian terhadap uji validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji persepsi guru, dan uji respon peserta didik, uji keefektifan yang berisi analisis keterampilan berpikir kritis dan keterampilan STEM. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data deksriptif dan teknik analisis data inferensial. Pada hasil uji validitas didapatkan rerata nilai dari ketiga validator sebesar 3,36, dengan rerata validasi media dan desain diperoleh hasil sebesar 3,44 dan validasi materi dan konstruk sebesar 3,28. Hasil uji kepraktisan diperoleh skor rerata untuk uji keterbacaan sebesar 89%, uji respon peserta didik sebesar 86,7%, sedangkan untuk uji persepsi guru sebesar 90%. Sehingga rerata skor untuk kepraktisan tersebut sebesar 88,5% dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifan berdasarkan hasil analisis n-gain diperoleh skor sebesar 0,85 dengan kategori tinggi. Selain itu berdasarkan hasil uji wilcoxon diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.001 yang artinya terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis proyek, serta hasil uji wilcoxon pada keterampilan STEM sebesar 0,014 yang artinya terdapat peningkatan keterampilan STEM pada peserta didik. Telah dihasilkan LKPD berbasis proyek untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan STEM pada materi alternative energy yang valid, praktis, dan efektif. Kata kunci : Biobaterai, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan STEM, LKPD, Pembelajaran Berbasis Proyek

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308208982 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 06:28
Terakhir diubah: 23 May 2025 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87561

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir