PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025)

SASHA , HERLISTIYANTI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1663Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1593Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting dikembangkan pada pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Bandar Lampung yang terdistribusi ke dalam 11 kelas. Terpilih 32 siswa kelas VIII-10 dan 31 siswa kelas VIII-11 sebagai sampel penelitian menggunakan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan Uji Mann Whitney U, peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata kunci : kemampuan berpikir kreatif, pengaruh, problem based leaning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308530087 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 07:07
Terakhir diubah: 23 May 2025 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87572

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir