PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF SEJARAH BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN HISTORICAL THINKING PESERTA DIDIK SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Maftuchin, - (2025) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF SEJARAH BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN HISTORICAL THINKING PESERTA DIDIK SMA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK MAFTUCHIN.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS_FULL_MAFTUCHIN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3290Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS_TANPA_PEMBAHASAN_MAFTUCHIN.pdf

Download (2306Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif sejarah berbasis Liveworksheet yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir sejarah (historical thinking) peserta didik di tingkat SMA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Bandar Lampung dan SMA YP Unila Bandar Lampung, melibatkan 64 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup validasi oleh ahli materi, media, dan desain, serta uji efektivitas modul melalui pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul interaktif sejarah berbasis liveworksheet sangat valid dengan rata rata skor validasi ahli materi,ahli desain dan ahli media sebesar 96,5% yang dapat dikategorikan sangat valid. Implementasi modul yang dilakukan di dua sekolah negeri dan swasta menunjukan bahwa di sekolah swasta yaitu SMA YP Unila memperoleh hasil 59,38% dengan kategori efektif, sedangkan di SMA Negeri 7 Bandar Lampung memperoleh hasil 78,125% dengan kriteria efektif saat menggunakan modul interaktif sejarah berbasis liveworksheet dalam pembelajaran. Sedangkan peningkatan historical thinking peserta didik setelah menggunakan modul interaktif sejarah SMA YP Unila memperoleh hasil rata-rata sebesar 94 berkategori sangat baik, serta peningkatan historical thinking di SMA Negeri 7 Bandar Lampung, memperoleh hasil rata-rata sebesar 89 berkategori sangat baik. Secara signifikan pengembangan modul interaktif sejarah berbasis liveworksheet dapat meningkatkan kemampuan historical thinking peserta didik SMA di Kota Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 900 Sejarah dan Geografi > 907 Pendidikan, riset penelitian sejarah dan topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 2308869742 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 07:39
Terakhir diubah: 23 May 2025 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87592

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir