ANALISIS MAKNA HIDUP BAGI REMAJA BROKEN HOME PADA SISWA SMA NEGERI 1 NATAR

PURYA , LESTA (2025) ANALISIS MAKNA HIDUP BAGI REMAJA BROKEN HOME PADA SISWA SMA NEGERI 1 NATAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (507Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2083Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1789Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah Ketidakmampuan anak berprilaku sosial yang tidak diharapkan, bisa berakibat anak terkucil dari lingkungan, tidak terbentuk kepercayaan pada diri sendiri, menarik diri dari lingkungan karena dampak dari broken home. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor yang mempengaruhi makna hidup siswa broken home di SMA Negeri 1 Natar. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dengan melibatkan 4 subjek penelitian yang dipilih menggunakan puposive sampling. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan perangkat lunak analisis data Atlas. Ti 9, penelitian ini mengungkapkan berbagai faktor yang mempengaruhi makna hidup siswa, yang dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang berpengaruh meliputi tanggung jawab, kesadaran diri, dan kontrol diri. Sementara itu, faktor eksternal yang signifikan adalah dukungan keluarga. Dari analisis yang dilakukan, dukungan keluarga terbukti menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam membentuk makna hidup siswa, memberikan motivasi, dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk menghadapi tantangan hidup. Penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun siswa broken home menghadapi kesulitan, mereka memiliki potensi untuk menemukan makna dan tujuan hidup yang positif melalui penguatan di sekelilingnya. Oleh karena itu, disarankan agar pihak sekolah, orang tua, dan pihak terkait lainnya memberikan dukungan yang lebih efektif untuk membantu siswa dalam mengembangkan makna hidup yang positif. Kata kunci: Broken home, Makna hidup, Remaja awal

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2308797498 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2025 09:08
Terakhir diubah: 23 May 2025 09:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87612

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir