PENGARUH GAME DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

ANGGUN, AMELITA (2025) PENGARUH GAME DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (Anyone)
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF (Registered staff only)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1753Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (Anyone)
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1602Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan game digital terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Experimental dan desain penelitian One-Group Pre-Treatment–Post-Treatment yaitu desain penelitian yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Sampel penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Harapan yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berupa checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian mendapatkan nilai Asymp.Sig. (2 tailed) sebesar 0,00 < 0,05 Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh dari penggunaan game digital terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Harapan. The problem in this study is that the initial reading ability of children aged 5-6 years has not developed optimally. This study aims to determine the effect of the use of digital games on the early reading ability of children aged 5-6 years. This research is a type of quantitative research with a Pre-Experimental research method and a One-Group Pre-Treatment–Post-Treatment research design, which is a research design that is carried out in one group only without a comparison group. The sample of this study is 5-6 years old children in Harapan Kindergarten which totals 22 children. Data collection techniques using observation sheets in the form of checklists and documentation. Data analysis techniques in this study using the Wilcoxon signed rank test. The results of the study obtained the value of Asymp.Sig. (2 tailed) of 0.00 < 0.05 Ha were accepted, which means that there is an influence of the use of digital games on the early reading ability of children aged 5-6 years in Harapan Kindergarten.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2308445643 . Digilib
Date Deposited: 26 May 2025 07:45
Terakhir diubah: 26 May 2025 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87694

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir