HUBUNGAN PENGGUNAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

Dila, Candra (2025) HUBUNGAN PENGGUNAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1874Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1842Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang belajar secara tidak teratur atau hanya saat menjelang ujian,terdapat siswa yang tidak memperhatikan saat guru menjelaskan materi di kelas,terdapat siswa yang merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan kurikulum merdeka belajar dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 647 siswa kelasX dan XI di SMA Negeri 13 Bandar Lampung dengan 98 siswa kelas X dan XI yang dipilih sebagai sampel menggunakan teknik Not Probability Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pelaksaan kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi belajar (koefisien korelasi r = 0,965, p=0,000;< 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat metode pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar, semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik tanpa tekanan kompetitif, mendorong siswa belajar secara mandiri dan bermakna. Kurikulum ini juga mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa dengan memberi kebebasan kepada pendidik untuk menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai kebutuhan masingmasing. hitung Kata kunci : Kurikulum Merdeka Belajar, Motivasi Belajar, Bimbingan dan Konseling

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2308430298 . Digilib
Date Deposited: 26 May 2025 08:12
Terakhir diubah: 26 May 2025 08:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87695

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir