Natalia Margareta br, Sebayang (2024) PERANAN HUMAS DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PENDANAAN USAHA MIKRO KECIL (PUMK) PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA I REGIONAL 7. [Diploma/Tugas Akhir]
|
File PDF
ABSTRAK - Natalia Margareta Sebayang.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TUGAS AKHIR FULL - Natalia Margareta Sebayang.pdf Restricted to Hanya staf Download (1389Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TUGAS AKHIR FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Natalia Margareta Sebayang.pdf Download (1317Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peranan besar dalam menghadapi resesi global karena Usaha Mikro Kecil dan Menengah telah berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto. Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil merupakan salah satu inisiatif pemerintah untuk meningkatkan akses Usaha Mikro Kecil terhadap sumber pendanaan yang berkelanjutan. PT Perkebunan Nusantara I Regional 7 sebagai badan usaha yang bergerak dalam sektor perkebunan, memiliki peran strategis dalam mendukung implementasi program Pendanaan Usaha Mikro Kecil ini, terutama dalam memberikan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro Kecil. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan berbagai pihak terkait, termasuk tim Humas, pelaku Usaha Mikro Kecil penerima dana, dan pihak manajemen PT Perkebunan Nusantara I Regional 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas berperan penting dalam membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil, serta meningkatkan partisipasi pelaku Usaha Mikro Kecil dalam program ini. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya peran Humas dalam keberhasilan implementasi program pendanaan, serta rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas komunikasi Humas di masa mendatang. Kata Kunci : Peranan, Humas, Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil, implementasi program. Micro, Small and Medium Enterprises have a big role in facing the global recession because Micro, Small and Medium Enterprises have contributed greatly to Gross Domestic Product. The Micro and Small Enterprise Funding Program is one of the government's initiatives to increase Micro and Small Enterprises' access to sustainable funding sources. PT Perkebunan Nusantara I Regional 7 as a business entity operating in the plantation sector, has a strategic role in supporting the implementation of the Micro and Small Enterprise Funding program, especially in providing access to financing for Micro and Small Enterprises. Data was collected through in-depth interviews with various related parties, including the Public Relations team, Micro and Small Business actors receiving funds, and the management of PT Perkebunan Nusantara I Regional 7. The results of the research show that Public Relations plays an important role in building public awareness and understanding regarding the Micro Small Business Funding Program, as well as increasing the participation of Micro and Small Business actors in this program. This research provides insight into the important role of Public Relations in the successful implementation of funding programs, as well as recommendations for improving the effectiveness of Public Relations communications in the future. Keywords: Role, Public Relations, Micro Small Business Funding Program, program implementation.
Jenis Karya Akhir: | Diploma/Tugas Akhir |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 390 Adat istiadat, etiket, dan cerita rakyat |
Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi D3-Hubungan Masyarakat |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 26 May 2025 07:10 |
Terakhir diubah: | 26 May 2025 07:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87712 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |