PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024

Aryud, i Indra Perdana (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Aryudi Indra Perdana - Aryudi Indra Perdana.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img] File PDF
Full Skripsi_Aryudi Indra Perdana - Aryudi Indra Perdana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Full Skripsi Tanpa Pembahasan_Aryudi Indra Perdana - Aryudi Indra Perdana.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 371 siswa yang terdistribusi ke dalam sebelas kelas yaitu VII A sampai VII K. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih siswa kelas VII A sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII D sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan problem based learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Selain itu, berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh bahwa lebih dari 60% siswa yang mengikuti pembelajaran problem based learnuing terkategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis matematis, pengaruh, problem based

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 27 May 2025 08:19
Terakhir diubah: 27 May 2025 08:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87775

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir