Aryud, i Indra Perdana (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA (Studi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_Aryudi Indra Perdana - Aryudi Indra Perdana.pdf Download (7Mb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Full Skripsi_Aryudi Indra Perdana - Aryudi Indra Perdana.pdf Restricted to Hanya staf Download (9Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Full Skripsi Tanpa Pembahasan_Aryudi Indra Perdana - Aryudi Indra Perdana.pdf Download (9Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 371 siswa yang terdistribusi ke dalam sebelas kelas yaitu VII A sampai VII K. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih siswa kelas VII A sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII D sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan problem based learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Selain itu, berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh bahwa lebih dari 60% siswa yang mengikuti pembelajaran problem based learnuing terkategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis matematis, pengaruh, problem based
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 27 May 2025 08:19 |
Terakhir diubah: | 27 May 2025 08:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87775 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |