PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBASIS MEDIA PAPERCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

SYARIFATUL , MUAFIFAH (2025) PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBASIS MEDIA PAPERCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (337Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1726Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1599Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Giriklopomulyo dan belum menggunakan model pembelajaran yang variatif yaitu project based learning berbasis media papercraft. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbasis media papercraft terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain non equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik sampling jenuh. Populasi berjumlah 54 peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV A dan IV B, sampel ditentukan dengan teknik sampling non probability sampling. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes berupa observasi. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukakkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model project based learning berbasis media papercraft terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Giriklopomulyo yang ditunjukkan dengan perolehan Fhitung (212,781) > Ftabel (4,24). Kata kunci: berpikir kreatif, project based learning, media papercraft. The problem in this study was the low level of creative thinking ability of fourth grade students at SD Negeri 1 Giriklopomulyo, and the learning model used had not been varied, specifically the project based learning model based on papercraft media. This study aimed to determine the effect of the project based learning model based on papercraft media on the creative thinking skills in science learning of fourth grade students at SD Negeri 1 Giriklopomulyo. The method used in this study was a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The study used a non-probability sampling technique with saturated sampling. The population consisted of 54 students, and the samples were students from classes IV A and IV B, determined using the non-probability sampling technique. Data were collected using pretest, posttest, and observation techniques, and analyzed using a simple regression test. The results of the study showed that there was a significant influence of the project based learning model based on papercraft media on the creative thinking skills of fourth grade students at SD Negeri 1 Giriklopomulyo, as indicated by the value of Fcount (212.781) > Ftable (4.24). Keywords: creative thinking, project based learning, papercraft media.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308718610 . Digilib
Date Deposited: 28 May 2025 08:08
Terakhir diubah: 28 May 2025 08:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87781

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir