PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

Maria , Anggun Zahra Arditia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (MARIA ANGGUN ZAHRA A_2013021018) - mariaa anggun.pdf

Download (261Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN (MARIA ANGGUN ZAHRA A_2013021018) - mariaa anggun.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1620Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN (MARIA ANGGUN ZAHRA A_2013021018) - mariaa anggun.pdf

Download (1546Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 323 siswa yang terdistribusi ke dalam 11 kelas yaitu kelas VIII-1 sampai VIII-11. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 terdiri dari 28 siswa dan VIII-9 terdiri dari 28 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan quasi experiment, dengan desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis siswa. Teknik analisis data meliputi analisis uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor peningkatan (gain) kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada rata-rata skor peningkatan (gain) kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Model pembelajaran penemuan terbimbing hendaknya dijadikan sebagai pertimbangan dalam proses pembelajaran oleh guru untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: kemampuan representasi matematis, penemuan terbimbing, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 28 May 2025 04:26
Terakhir diubah: 28 May 2025 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87809

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir