KETERLIBATAN TIONGKOK DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI INDONESIA MELALUI BELT AND ROAD INITIATIVE (BRI)

FAZA, AFANI SALWA (2025) KETERLIBATAN TIONGKOK DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI INDONESIA MELALUI BELT AND ROAD INITIATIVE (BRI). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1909Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1786Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keterlibatannya Tiongkok dalam proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia menimbulkan permasalahan domestik juga kekhawatiran adanya resiko jebakan utang luar negeri. Meski begitu, pemerintah Indonesia tetap terbuka terhadap keberlangsungan Belt and Road Inititaive (BRI). Sehingga menimbulkan pertanyaan penelitian mengenai keterlibatan BRI Tiongkok dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Tujuan penelitian ini: pertama, memaparkan bentukbentuk keterlibatan BRI Tiongkok dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, dan kedua, memaparkan dampak dari keterlibatan BRI terhadap perekonomian Indonesia. Penulis menggunakan konsep BRI dan Teori Kerja Sama Internasional untuk memaparkan bentuk-bentuk dan kerja sama antara Tiongkok dengan Indonesia dalam kerangka BRI, juga konsep Pembangunan Infrastruktur untuk memaparkan dampak ekonomi dari keterlibatan BRI. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif dengan fokus pada bentuk bentuk keterlibatan BRI dimulai sejak BRI menjadi kebijakan luar negeri Tiongkok hingga tahun 2023 Teknik pengumpulan data dengan studi dokumen dengan sumber data sekunder dari website resmi BRI, dan kementerian, juga sumber-sumber lainnya yseperti berita, laporan, serta menggunakan teknik analisis kondensasi data, display data dan penarikann kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan keterlibatan BRI dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia dilakukan dalam bentuk pembiayaan berupa pinjaman dan investasi, pendirian perusahaan hasil joint venture dan transfer teknologi. Selain itu, pembangunan infrastruktur hasil BRI memiliki keterkaitan kuat dengan aktivitas ekonomi lokal yakni dengan peningkatan nilai produksi, distribusi dan PDRB setempat. Keterlibatannya BRI berdampak pada berjalannya pembangunan infrastruktur, dan peningkatan ekonomi Indonesia secara bertahap. Dimulai dari pertumbuhan ekonomi lokal berupa peningkatan nilai PDRB, peningkatan nilai ekspor impor di beberapa komoditas., kenaikan nilai investasi Tiongkok tertama pada sektor industri pertambangan hingga peningkatan nilai GDP Indonesia dalam beberapa tahun terakhir Kata Kunci: Keterlibatan Tiongkok, Pembangunan Infrastruktur, Indonesia, Belt and Road Initiative China's involvement in infrastructure development projects in Indonesia through the Belt and Road Initiative (BRI) has raised domestic concerns, particularly regarding the risks of foreign debt traps. However, the Indonesian government remains open to the continuation of BRI. This study aims to, first, describe the forms of China's involvement in Indonesia's infrastructure development through BRI, and second, to explain the economic impacts of this involvement. Using the concepts of BRI, International Cooperation Theory, and Infrastructure Development, the research adopts a qualitative descriptive approach with data gathered from official BRI and government websites, as well as news, reports, and secondary sources. The study finds that BRI’s involvement takes the form of loans, investments, joint ventures, and technology transfers. The resulting infrastructure projects are closely tied to local economic activities, contributing to increased production, distribution, and regional GDP. Overall, BRI has facilitated ongoing infrastructure development and gradually strengthened Indonesia's economy through increased local GDP, export-import values, Chinese investments (especially in the mining sector), and national GDP growth in recent years. Keywords: China’s Involvement, Infrastructure Development, Indonesia, Belt and Road Initiative.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2308243180 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:07
Terakhir diubah: 02 Jun 2025 02:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87818

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir