PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025)

NOVITA, DWI LESTARI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (287Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2222Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2142Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Model Problem Based Learning memiliki kelebihan dalam mendorong siswa untuk aktif berpikir kritis dan sistematis melalui pemecahan masalah kontekstual, sehingga mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 berjumlah 348 siswa yang terdistribusi ke dalam 11 kelas yaitu VIII A sampai VIII K. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 31 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 31 siswa, terpilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design dan instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk soal essay untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil analisis data dengan uji−

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308542980 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:18
Terakhir diubah: 02 Jun 2025 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87825

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir