PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

KOMANG, NANDAYANI (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi dari tujuan pendidikan abad 21. Namun pada kenyataannya, ditemukan masalah terkait rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Segalamider Bandar Lampung, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu melalui penerapan model discovery learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pada penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan pendekatan quasi experimental dan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan populasi sebanyak 109 orang peserta didik dengan sampel sebanyak 56 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Fhitung = 15,65 ≥ Ftabel = 4,21 dan N-Gain sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: berpikir kritis, discovery learning, IPAS. The ability to think critically was one of the competencies of the 21st-century education goals. However, in reality, a problem was found related to the low critical thinking ability of fifth-grade students at SD Negeri 1 Segalamider Bandar Lampung, so an effort was needed to improve the critical thinking ability of the students, namely through the application of the discovery learning model. The purpose of this study was to determine the effect of the application of the discovery learning model on the critical thinking skills of fifth-grade elementary school students. The research method used was quantitative, with an experimental type using a quasi-experimental approach, and the research design employed a nonequivalent control group design. This study used a purposive sampling technique with a population of 109 students and a sample of 56 students. The data collection technique used in this study was test-based techniques. The data analysis technique used was a simple regression test. The results showed that Fvalue = 15.65 ≥ Ftable = 4.21, and the N-Gain was 0.36, categorized as moderate. Therefore, H0 was rejected and Ha was accepted, and it was concluded that the application of the discovery learning model had an influence on the critical thinking skills of the students. Keyword: critical thinking, discovery learning, IPAS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308134399 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:07
Terakhir diubah: 02 Jun 2025 03:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87853

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir