EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

BELLIA NABILA, RETA (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2044Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1222Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivitas model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan Teaching at The Right Level untuk mening-katkan penguasaan konsep peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Pene-litian ini menggunakan metode quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 182. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas XI.3 sebagai kelas eksperimen dan XI.2 sebagai kelas kontrol. Teknik anali-sis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain penguasaan konsep di kelas eksperimen se-besar 0,79 berkategori tinggi secara signifikan lebih tinggi dari rata-rata n-gain penguasaan konsep di kelas kontrol sebesar 0,67 berkategori sedang. Pada kelas eksperimen kelompok kemampuan kognitif rendah dan tinggi memiliki n-gain penguasaan konsep berkategori tinggi dan sedang. Persentase peserta didik pada kelompok kemampuan kognitif rendah di kelas eksperimen memperoleh n-gain kategori tinggi sebanyak 92,30% dan n-gain kategori sedang sebanyak 7,70%. Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dengan pendekatan Teaching at The Right Level pada materi kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308552210 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:20
Terakhir diubah: 02 Jun 2025 03:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87863

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir