IMPLEMENTASI MODEL STEM-PjBL TERINTEGRASI STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK SMA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN

AYUNI, SRI WAHYUNINGSIH (2025) IMPLEMENTASI MODEL STEM-PjBL TERINTEGRASI STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK SMA PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
2.SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4040Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TSNPS BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2397Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penguatan keterampilan Collaborative Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran fisika perlu ditingkatkan untuk membentuk peserta didik yang adaptif dan kompeten dalam menghadapi tantangan kompleks abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari implementasi model STEM-PjBL terintegrasi strategi Design Thinking terhadap peningkatan keterampilan collaborative problem solving peserta didik SMA pada materi Energi Terbarukan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kebun Tebu dengan metode quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian. Pembelajaran menggunakan model STEM-PjBL terintegrasi strategi Design Thinking efektif dalam meningkatkan kemampuan CPS peserta didik. Hal ini dilihat dari rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,46 lebih besar daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,20. Selain itu, hal tersebut juga didukung dengan data hasil uji Independent Sample T-Test yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Hal tersebut juga diperkuat dengan uji ANCOVA dengan perolehan nilai Sig.0,00 < 0,05. Keefektifan implementasi model STEM-PjBL terintegrasi strategi Design Thinking terhadap kemampuan CPS peserta didik SMA pada topik Energi Terbarukan termasuk dalam kategori besar yang ditunjukkan dengan hasil uji Effect Size dengan nilai Partial Eta Squarred (

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308018713 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:42
Terakhir diubah: 02 Jun 2025 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87879

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir