Nadira , Handayani (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3372Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3348Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan creative problem solving matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 352 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas 8.7 dan 8.9 yang terpilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain Penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes yang mengukur kemampuan creative problem solving matematis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji proporsi. Hasil analisis uji MannWhitney U menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan creative problem solving matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan STEM lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan creative problem solving matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dan proporsi siswa yang memiliki kemampuan creative problem solving matematis terkategori baik lebih dari 60% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan STEM. Dengan demikian penerapan pembelajaran dengan pendekatan STEM efektif ditinjau dari kemampuan creative problem solving matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Kata kunci: efektivitas, kemampuan creative problem solving matematis, pendekatan STEM
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2308330876 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 08:03 |
Terakhir diubah: | 02 Jun 2025 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87892 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |