PERILAKU INOVATIF GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIROHUSODO

ISNAWATI , - (2025) PERILAKU INOVATIF GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIROHUSODO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (211Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3574Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3348Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku inovatif guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar se-Gugus Dokter Wahidin Sudirohusodo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru secara umum telah menunjukkan perilaku inovatif yang cukup baik dalam empat aspek utama, yaitu eksplorasi peluang, penciptaan ide, berbagi ide, dan realisasi ide. Dalam aspek eksplorasi peluang, guru aktif mencari informasi dan peluang pengembangan pembelajaran melalui pelatihan, media sosial, serta diskusi dengan rekan sejawat. Dalam penciptaan ide, guru mencoba menghadirkan pembelajaran yang menarik melalui pemanfaatan teknologi dan metode yang bervariasi, meskipun belum diterapkan secara konsisten oleh semua guru. Pada aspek berbagi ide, guru menunjukkan keterbukaan dalam berbagi dan menerima masukan melalui forum KKG, pelatian, dan diskusi, namun implementasi ide belum merata. Pada aspek realisasi ide, inovasi pembelajaran telah diimplementasikan dan dinilai efektif, namun belum diterapkan secara merata karena keterbatasan sarana prasarana dan motivasi. Kata Kunci: Perilaku Inovatif, Guru, Pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308582063 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:53
Terakhir diubah: 03 Jun 2025 02:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87912

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir