IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI

VIRDA, SANI AULIA (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1834Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (814Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran berbasis proyek yang menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui isu-isu lingkungan sekitar. Program ini bertujuan mengembangkan karakter, empati, dan keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pendidik dalam mengimplementasikan P5 di SD Negeri 1 Tanjung Sari serta dampaknya terhadap pengembangan karakter peserta didik kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi peserta didik, pendidik, kepala sekolah, koordinator P5, dan orang tua. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Tanjung Sari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 dilakukan melalui strategi pengorganisasian, interpretasi, dan pengaplikasian, dari tiga strategi ini dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter peserta didik terutama peningkatan kemandirian, dan motivasi belajar peserta didik. Kata kunci: dampak, implementasi, program P5, strategi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308547985 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:57
Terakhir diubah: 03 Jun 2025 02:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87915

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir