ELLZA WIJAYA , TANJUNG (2025) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SMAS X JATI AGUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2418Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (2173Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan manajerial kepala sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di SMAS X Jati Agung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan fenomenologi. Tipe penelitian menggunakan deskriptif yang di maksudkan untuk memberikan gambaran secara jelas. Sumber data yang digunakan adalah Kepala Sekolah sebagai informan kunci serta pendidik, peserta didik dan wali murid sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Kepala sekolah sebagai pemimpin penyelenggara pendidikan inklusif dalam upaya memanfaatkan sumber daya di lingkungan sekolah, perlu memiliki keterampilan manajerial yang meliputi keterampilan konseptual, keterampilan manusiawi, dan keterampilan teknikal untuk mencapai tujuan sekolah yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah memiliki dan menerapkan keterampilan konsep dan manusiawi lebih dominan dibandingkan dengan keterampilan tekniks dalam penyelenggaraan sekolah inklusif di SMAS X Jati Agung. Kata kunci: kepala sekolah, keterampilan manajerial, penyelenggaraan pendidikan inklusif. This study aims to analyze and describe the managerial skills of school principals who organize inclusive education at SMAS X Jati Agung. This research uses a descriptive qualitative approach with a phenomenological design. The type of research uses descriptive which is intended to provide a clear picture. The data source used is the Principal as the key informant as well as educators, students and parents as supporting informants. The data collection techniques with interviews, observation, and document studies. The school principal serves as the leader of the inclusive education team in utilizing the school environment, which include conceptual skills, human skills, and technical skills to achieve effective school goals. The results of the study show that principals have possessed and applied the head of the school has demonstrated a greater command of human and conceptual knowledge than the school's technical knowledge in the inclusive education program at SMAS X Jati Agung. Key words: principals' school, managerial competencies, inclusive education implementation.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Administrasi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 2308012018 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 06:49 |
Terakhir diubah: | 03 Jun 2025 06:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87958 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |