WAHYU, TRIJOKO (2025) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SISTEM ZONASI DI KECAMATAN SEPUTIH BANYAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2597Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1093Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penerapan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru memunculkan berbagai macam persepsi di masyarakat. Begitu pula yang terjadi di masyarakat Kecamatan Seputih Banyak yang dengan adanya penerapan sistem zonasi menyebabkan mereka memiliki persespi negatif maupun positif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berbagai macam persepsi masyarakat di Kecamatan Seputih Banyak terhadap penerapan sistem zonasi Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Kecamatan Seputih Banyak. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat di Kecamatan Seputih Banyak terhadap sistem zonasi, didominasi dengan persepsi negatif karena tidak setuju. Masyarakat menyatakan bahwa zonasi membatasi calon peserta didik untuk bersekolah disekolah yang diinginkannya. Hal ini dapat memunculkan kekhawatiran mengenai berkurangnya semangat belajar karena tidak diterima disekolah yang diinginkan. Selain itu, sistem zonasi tidak menerapkan tes akademik untuk seleksi juga dianggap dapat mengurangi semangat bersaing di antara siswa dan menimbulkan kecemburuan sosial, mengingat terbatasnya kuota dan tingginya peminat ditiap zona. Masyarakat mengusulkan perlunya kejelasan mengenai radius zonasi dan penambahan kuota, serta peningkatan kualitas pendidikan di semua sekolah negeri. Kata Kunci : persepsi masyarakat, sistem penerimaan, zonasi, pemerataan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | 2308365916 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:23 |
Terakhir diubah: | 03 Jun 2025 08:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87964 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |