Penerapan Good University Governance (GUG) Dalam Manajemen Pendidikan Pada Kinerja Akademik Di FMIPA Universitas Lampung

Ikhman, Alhakki (2025) Penerapan Good University Governance (GUG) Dalam Manajemen Pendidikan Pada Kinerja Akademik Di FMIPA Universitas Lampung. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
2323012012_Ikhman Alhakki-Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2263Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
2323012012_Ikhman Alhakki-Full-Minus IV.pdf

Download (1278Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis penerapan prinsip Good University Governance (GUG) dalam manajemen pendidikan serta dampaknya terhadap kinerja akademik di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi terhadap informan utama yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Koordinator Bagian Tata Usaha, dan Koordinator Sub Bagian Akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip GUG seperti transparansi, akuntabilitas, partisipasi, efektivitas, dan keadilan telah diupayakan dalam berbagai aspek manajemen pendidikan, termasuk perencanaan akademik, pengelolaan administrasi, dan peningkatan kualitas layanan. Implementasi GUG berkontribusi pada peningkatan efisiensi manajemen akademik serta memberikan dampak positif terhadap kinerja dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Meskipun demikian, ditemukan beberapa tantangan seperti resistensi terhadap perubahan, keterbatasan infrastruktur, dan kebutuhan peningkatan kompetensi sumber daya manusia. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan pentingnya strategi berkelanjutan untuk mengoptimalkan penerapan GUG melalui penguatan budaya organisasi, pemanfaatan teknologi informasi, dan peningkatan kapasitas kepemimpinan akademik, yang diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan tata kelola pendidikan tinggi yang lebih baik dan mendorong peningkatan mutu akademik secara menyeluruh. Kata Kunci: good university governance, manajemen pendidikan, kinerja akademik, pendidikan tinggi, FMIPA Unila This study aims to describe and analyze the implementation of Good University Governance (GUG) principles in educational management and its impact on academic performance at the Faculty of Mathematics and Natural Sciences (FMIPA) of the University of Lampung. Using a qualitative approach and case study method, data were collected through in-depth interviews, observations, and documentation studies of key informants consisting of the Dean, Vice Dean for Academic Affairs, Coordinator of the Administration Section, and Coordinator of the Academic Sub-Section. The results of the study indicate that GUG principles such as transparency, accountability, participation, effectiveness, and fairness have been pursued in various aspects of educational management, including academic planning, administrative management, and improving service quality. The implementation of GUG contributes to increasing the efficiency of academic management and has a positive impact on the performance of lecturers, students, and education personnel. However, several challenges were found such as resistance to change, limited infrastructure, and the need to improve human resource competencies. Therefore, this study suggests the importance of a sustainable strategy to optimize the implementation of GUG through strengthening organizational culture, utilizing information technology, and increasing academic leadership capacity, which is expected to be a reference in developing better higher education governance and encouraging improvements in academic quality as a whole. Keywords: good university governance, educational management, academic performance, higher education, FMIPA Unila.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Administrasi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2308935429 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2025 07:56
Terakhir diubah: 05 Jun 2025 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87989

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir