NOVIA, DWI RAMADHANI (2025) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (264Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1092Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (985Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probality sampling. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 47 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t mendapatkan hasil yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dari penerapan metode outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari metrode outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik IPAS kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno dengan nilai Ftabel > Fhitung yaitu 12.200 > 4.30. Kata Kunci: berpikir kritis, IPAS, outdoor learning, sekolah dasar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2308711361 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:32 |
Terakhir diubah: | 04 Jun 2025 02:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88004 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |