PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

NOVIA, DWI RAMADHANI (2025) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (264Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1092Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (985Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probality sampling. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 47 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t mendapatkan hasil yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dari penerapan metode outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari metrode outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik IPAS kelas IV SD Negeri 1 Gantiwarno dengan nilai Ftabel > Fhitung yaitu 12.200 > 4.30. Kata Kunci: berpikir kritis, IPAS, outdoor learning, sekolah dasar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308711361 . Digilib
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:32
Terakhir diubah: 04 Jun 2025 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88004

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir