IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

VEMIA, UTAMI (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2420Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2294Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning menggunakan pendekatan STEM. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan non-equivalent control group. Data penelitian dikumpulkan melalui soal tes pada materi gelombang bunyi. Data keterampilan berpikir kritis dianalisis dengan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample T-test, uji independent sample T-test, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,64 termasuk dalam kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,29 termasuk dalam kategori rendah. Hasil uji paired sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil uji independent sample T-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata N-gain keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 0,82 dengan kategori besar. Berdasarkan hasil tersebut model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan STEM dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik secara signifikan. Kata kunci: Keterampilam Berpikir Kritis, Model problem based learning, Pendekatan STEM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308362145 . Digilib
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:16
Terakhir diubah: 04 Jun 2025 03:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88014

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir