EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DAN GULA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

INGE, LARAS PRAMUDITA (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DAN GULA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2562Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1013Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memilih topik, untuk memecahkan masalah dan memberikan kesempatan bekerja dalam waktu tertentu, untuk menghasilkan produk. Melalui tugas proyek dalam PBP dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis pada siswa, akan tetapi PBP belum banyak diterapkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis proyek pengolahan limbah industri tepung tapioka dan gula dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Metode dalam penelitian ini menggunakan weak experiment dengan desain yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI 6 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji statistik parametrik uji-t dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian ini diperoleh perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai postes dengan rata-rata nilai pretes dan n-gain rata-rata keterampilan berpikir kritis yang diperoleh sebesar 0,76 berkategori tinggi. Rata-rata persentase respon siswa sebesar 83,5% berkategori sangat baik dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 84% berkategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, limbah industri tepung tapioka, limbah industri gula, pembelajaran berbasis proyek

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308033515 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:31
Terakhir diubah: 05 Jun 2025 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88061

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir