Ridho , Naufaldi (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN AIR TERJUN WAY TAYAS SEBAGAI ATRAKSI WISATA DI DESA SUKARAJA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Ridho Naufaldi (1).pdf Download (100Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - Ridho Naufaldi (1).pdf Restricted to Hanya staf Download (2751Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Ridho Naufaldi (1).pdf Download (1579Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan Penilitian ini adalah untuk menentukan faktor-faktor internal yang mendukung dan menghambat pengembangan pariwisata Air Terjun Way Tayas, menentukan faktor-faktor ekstrenal yang mendukung dan menghambat pengembangan pariwisata Air Terjun Way Tayas, menentukan strategi pengembangan Air Terjun Way Tayas sebagai atraksi wisata di Desa Sukaraja. Peneliti memilih lokasi penelitian di Air Terjun Way tayas karena berdasarkan rencana strategi pengembangan wisata oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021-2022. Tipe penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data manajemen strategis Strength, Weaknesses, Opportunity, Threats (SWOT). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor internal yang mendukung pengembangan pariwisata Air Terjun Way Tayas adalah akses menuju lokasi sangat strategis, paket wisata, Air Terjun yang masih alami dan salah satu tertinggi, memiliki kekayaan flora dan fauna dan wisatawan dapat terlibat langsung dalam kegiatan warga lokal. Sementara yang menghambat adalah kapasitas sumber daya manusia belum memadai, fasilitas pendukung masih terbatas, akses menuju lokasi destinasi wisata masih perlu perbaikan, akses menuju air terjun perlu ditambah unsur safety, belum hidupnya umkm di lokasi wisata. Fakor-faktor eksternal yang mendukung pengembangan pariwisata air terjun way tayas adalah perkembangan teknologi informasi yang akan mempermudah branding dan promosi wisata, memaksimalkan. Sementara factor pengambatnya adalah potensi bencana alam yang ditakutkan akan datang kembali dan persaingan destinasi wisata. Kata Kunci: pariwisata, destinasi wisata, persepsi, strategi, SWOT The purpose of this research is to determine the internal factors that support and hinder the development of Way Tayas Waterfall tourism, determine the external factors that support and hinder the development of Way Tayas Waterfall tourism, determine the development strategy of Way Tayas Waterfall as a tourist attraction in Sukaraja Village. Researchers chose the research location at Way Tayas Waterfall because based on the tourism development strategy plan by the South Lampung Regency Tourism and Culture Office in 2021-2022, it is still too generaland has not been specialized in the development of Way Tayas Waterfall Tourist Attractions. The type of research uses a qualitative method approach using the Strength, Weaknesses, Opportunity, Threats (SWOT) strategic management data analysis technique. Data collection techniques are carried out by observation, interviews, documentation. The results showed that the internal factors that support the development of Way Tayas Waterfall tourism are access to a very strategic location, tour packages, unspoiled waterfalls and one of the highest, has a wealth of flora and fauna and tourists can be directly involved in the activitiesof local residents. While the obstacles are the inadequate capacity of human resources, supporting facilities are still limited, access to tourist destination locations still needs improvement, access to waterfalls needs to add safety elements, there is no life for umkm at tourist sites. External factors that support the development of Way Tayas waterfall tourism are the development of information technology that will facilitate branding and promotion of tourism, maximizing. While the inhibiting factor is the potential for natural disasters that are feared to come back and competition for tourist destinations Keywords: tourism, tourist destinations, perceptions, strategies, SWot
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) |
Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Administrasi Negara |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 06:07 |
Terakhir diubah: | 04 Jun 2025 06:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88062 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |