EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DAN GULA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

DINI, CAHYANI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DAN GULA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1694Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Model pembelajaran berbasis proyek (PBP) merupakan pendekatan kontekstual yang melibatkan siswa secara aktif dalam memilih topik, merancang solusi, memecahkan masalah, serta menghasilkan produk nyata dalam waktu tertentu. PBP dinilai mampu meningkatkan rasa ingin tahu dan pemahaman siswa, serta mendorong pengembangan keterampilan berpikir kreatif. Namun, penerapannya di sekolah masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PBP dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pengolahan limbah industri tepung tapioka dan gula. Metode yang digunakan adalah weak experiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI-6 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui uji-t dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest lebih tinggi daripada pretest, dengan nilai n-gain sebesar 0,765 berkategori tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran sebesar 82,45% berkategori sangat tinggi dan respon siswa sebesar 83,5% berkategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpul-kan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: Keterampilan berpikir kreatif, limbah industri tepung tapioka, limbah industri gula, pembelajaran berbasis proyek

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308908106 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:39
Terakhir diubah: 05 Jun 2025 02:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88066

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir