EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DAN GULA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

ADELIA, PUTRI (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DAN GULA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3573Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1661Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran Berbasis Proyek ((PBP) merupakan suatu model pembelajaran sains yang berpusat pada siswa, dimana siswa menghasilkan produk nyata sebagai hasil belajar. Melalui PBP, keterampilan proses sains siswa dapat dilatihkan, akan tetapi PBP belum banyak diterapkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada pemanfaatan limbah industri tepung tapioka dan gula. Metode dalam penelitian ini menggunakan Weak Experiment dengan desain The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 15 Bandarlampung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI.6 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji statistik parametrik uji-t dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian ini diperoleh perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai postes dengan rata-rata nilai pretes, serta n-gain rata-rata keterampilan proses sains sebesar 0,70 berkategori tinggi. Rata-rata persentase respon siswa sebesar 83,5% dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 82,5% berkategori sangat baik dan sangat tinggi terhadap PBP pemanfaatan limbah industri tepung tapioka dan gula. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Kata Kunci: Keterampilan proses sains, limbah industri tepung tapioka dan gula, pembelajaran berbasis proyek

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308029598 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:50
Terakhir diubah: 05 Jun 2025 02:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88074

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir