NAWANG, YUDHIANINGRUM (2025) PENGARUH MODEL ARGUMENT- DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (262Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (10Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (9Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Argument- Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik pada materi pokok interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya dan tanggapan peserta didik mengenai model ADI berbasis STEM. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPN 20 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C sebagai kelas kontrol berjumlah 32 peserta didik dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 peserta didik yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes yang dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Sementara itu, data kualitatif diperoleh melalui tanggapan peserta didik terhadap model Argument- Driven Inquiry berbasis STEM dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada nilai N-Gain (P>0,05) antara kelas yang menggunakan model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM dengan model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol indikator kemampuan komunikasi ilmiah yang paling tinggi adalah representation information sedangkan indikator kemampuan ilmiah yang paling rendah adalah observing. Berdasarkan hasil angket tanggapan peserta didik, didapatkan rata-rata persentase 86,36% yang menunjukkan bahwa model Argument- Driven Inquiry (ADI) berbasis STEM sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik. Kata Kunci: Interaksi Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungannya; Kemampuan Komunikasi Ilmiah; Model Argument- Driven Inquiry berbasis STEM.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2308515492 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 04:17 |
Terakhir diubah: | 05 Jun 2025 04:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88112 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |