PENGARUH MODEL ARGUMENT- DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

NAWANG, YUDHIANINGRUM (2025) PENGARUH MODEL ARGUMENT- DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (262Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (10Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Argument- Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik pada materi pokok interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya dan tanggapan peserta didik mengenai model ADI berbasis STEM. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPN 20 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C sebagai kelas kontrol berjumlah 32 peserta didik dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 peserta didik yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes yang dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Sementara itu, data kualitatif diperoleh melalui tanggapan peserta didik terhadap model Argument- Driven Inquiry berbasis STEM dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada nilai N-Gain (P>0,05) antara kelas yang menggunakan model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM dengan model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol indikator kemampuan komunikasi ilmiah yang paling tinggi adalah representation information sedangkan indikator kemampuan ilmiah yang paling rendah adalah observing. Berdasarkan hasil angket tanggapan peserta didik, didapatkan rata-rata persentase 86,36% yang menunjukkan bahwa model Argument- Driven Inquiry (ADI) berbasis STEM sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik. Kata Kunci: Interaksi Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungannya; Kemampuan Komunikasi Ilmiah; Model Argument- Driven Inquiry berbasis STEM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308515492 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:17
Terakhir diubah: 05 Jun 2025 04:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88112

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir