EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

NANDITA, YOSI ERISCA (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (271Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1799Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1690Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 09 Tegineneng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV. Metode penelitian ini adalah pre experimental design dengan Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, teknik penentuan sampel di mana semua anggota populasi dijadikan sampel.Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat efektivitas penerapan e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 09 Tegineneng tahun ajaran 2024/2025. Hasil nilai N-gain dengan kategori sedang, dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan berdasarkan nilai N-Gain yang, artinya dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem-based learning efektif terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV. Kata kunci: berpikir kritis, efektivitas, e-modul.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308706886 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2025 08:50
Terakhir diubah: 05 Jun 2025 08:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88139

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir