KHUSNUL, RAMDHANI RIANATA (2025) PENGARUH PROBLEM-BASEDLEARNING DENGAN STRATEGI KOLABORATIF BERBANTUAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (249Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1119Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (962Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemaampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika peserta didik kelas IV SDN 3 Kresnomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh problem based learning dengan strategi kolaboratif berbantuan puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas IV, (2) pengaruh problem based learning dengan media video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas IV, (3) perbedaan pengaruh problem based learning dengan strategi kolaboratif berbantuan puzzle dan pengaruh problem based learning dengan media video pembelajaran terhadap kemaampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas IV. Metode penelitian ini adalah quasi experimental design dengan populasi berjumlah 50 peserta didik dan sampel sebanyak 50 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan 1) Bahwa nilai Fhitung yaitu 64,23 > Ftabel 4,28 sehingga terdapat pengaruh model problem based learning dengan strategi kolaboratif berbantuan puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas IV, (2) Hasil nilai Fhitung yaitu 42,16 > Ftabel 4,28 sehingga terdapat pengaruh model problem based learning dengan media video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika kelas IV, (3) Nilai thitung yaitu 2,995 > ttabel 2,011 artinya dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dengan strategi kolaboratif lebih berpengaruh dibandingkan dengan model problem based learning menggunakan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: berpikir kritis, problem based learning, puzzle strategi kolaboratif
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2308316119 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:51 |
Terakhir diubah: | 10 Jun 2025 02:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88142 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |