SELLA , SEPTIANITA (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING HARGA SAHAM SAAT MELAKUKAN IPO DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listing di BEI 2019-2023). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3440Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3397Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Fenomena underpricing ditandai dengan melonjaknya harga saham di pasar sekunder dibandingkan harga perdana, hal ini mencerminkan adanya ketidakseimbangan informasi dan ketidakpastian pasar mengenai nilai sebenarnya perusahaan yang IPO. Underpricing dapat menyebabkan kerugian potensial bagi perusahaan yang IPO serta memberikan peluang bagi para investor awal untuk memperoleh initial return. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, serta reputasi underwriter terhadap underpricing. Penelitian ini mengambil objek penelitian pada perusahaan yang melakukan IPO periode 2019-2023 dengan populasi sebanyak 297 perusahaan dan menggunakan teknik pusposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu sehingga diperoleh sampel sebanyak 202 perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan dasar teori sinyal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan serta reputasi underwriter berpengaruh signifikan terhadap underpricing. Secara parsial, profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing. leverage berpengaruh positif signifikan terhadap underpricing, sedangkan ukuran perusahaan serta reputasi underwriter tidak berpengaruh terhadap underpricing. Investor lebih mempertimbangkan kinerja keuangan perusahaan seperti profitabilitas serta leverage sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada perusahaan yang IPO, hal ini dikarenakan investor yakin dengan perusahaan dengan kinerja keuangan yang baik akan memberikan return dikemudian hari, sehingga mereka bersedia membayar harga yang lebih mahal untuk saham perusahaan. Kata kunci: Underpricing, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan reputasi underwriter
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi |
Program Studi: | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Manajemen |
Pengguna Deposit: | 2301780698 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 06:21 |
Terakhir diubah: | 10 Jun 2025 06:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88181 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |