ANALISIS AKUN INSTAGRAM @bijakmemilih.id SEBAGAI MEDIA EDUKASI PEMILU 2024 BAGI PEMILIH PEMULA

Khalishia , Nadila Hidayat (2025) ANALISIS AKUN INSTAGRAM @bijakmemilih.id SEBAGAI MEDIA EDUKASI PEMILU 2024 BAGI PEMILIH PEMULA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2447Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akun Instagram @bijakmemilih.id sebagai media edukasi politik bagi pemilih pemula pada Pemilu 2024. Latar belakang ini didasarkan pada banyaknya pemilih pemula dari Generasi Z yang akrab dengan teknologi digital dan aktif menggunakan media sosial sebagai sumber informasi politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif noninteraktif dengan metode deskriptif dan teknik analisis isi terhadap gambar dan teks pada unggahan akun @bijakmemilih.id dari tanggal 31 Januari – 14 Februari 2024, yang datanya dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penilaian mengacu pada tiga aspek dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2018, yaitu sosialisasi pemilu, pendidikan pemilih, dan mobilisasi sosial. Hasil menunjukkan bahwa ketiga aspek tersebut telah terpenuhi. Selain itu, digunakan juga konsep pendidikan politik dari Giesecke yang meliputi bildungwissen (pengetahuan pendidikan), orietierungwissen (pengetahuan orientasi), verhaltungwissen (pengetahuan pemahaman), dan aktionwissen (pengetahuan tindakan). Hasil menunjukkan bahwa tiga dari empat konsep sudah dipenuhi, tetapi pada konsep bildungwissen belum terpenuhi karena kurangnya sajian informasi yang dijelaskan oleh konsep ini. Indikator lain adalah Teori Kekayaan Media, menunjukkan pemenuhan aspek ragam isyarat, variasi bahasa, dan sumber personal, tetapi belum maksimal dalam aspek kesegeraan akibat minimnya umpan balik kepada pengikut. Kata Kunci: edukasi politik, pemilih pemula, Generasi Z, Instagram, Pemilu 2024

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301875472 . Digilib
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:49
Terakhir diubah: 10 Jun 2025 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88210

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir