ALYA, NIRWANA (2025) PENGARUH TERPAAN KAMPANYE BOIKOT DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMBOIKOT MCDONALD’S SEBAGAI PERUSAHAAN PRO-ISRAEL (Studi pada Mahasiswa Pengguna Aktif Instagram di FISIP Universitas Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3099Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2204Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Media sosial merupakan platform yang efektif untuk menyebarkan informasi dan membentuk opini publik, terutama dalam kampanye sosial yang berhubungan dengan isu-isu global. Kampanye boikot terhadap produk tertentu kerap menjadi viral melalui platform seperti Instagram, yang dapat memengaruhi sikap dan keputusan konsumen terhadap suatu perusahaan. Instagram tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi, tetapi juga memiliki logika kerja tersendiri. Mengacu pada konsep Social Media Logic (van Dijck & Poell, 2013), penyebaran kampanye boikot di Instagram dipengaruhi oleh elemen-elemen seperti programmability, popularity, connectivity, dan datafication, yang secara algoritmik mengatur paparan informasi berdasarkan perilaku dan interaksi pengguna. Penelitian ini mengkaji pengaruh terpaan kampanye boikot di Instagram terhadap keputusan mahasiswa FISIP Universitas Lampung untuk memboikot McDonald's sebagai perusahaan pro-Israel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan melibatkan 96 responden yang merupakan mahasiswa aktif FISIP Universitas Lampung, yang telah memboikot McDonald's sebagai perusahaan pro-Israel dan merupakan pengguna aktif Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan kampanye boikot melalui Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk memboikot McDonald's, dengan nilai t_hitung 7,288 > t_tabel 1,985. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 36,1% menunjukkan bahwa kampanye boikot di Instagram memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa, sementara sisanya 63,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial |
Program Studi: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 2301201919 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:27 |
Terakhir diubah: | 11 Jun 2025 03:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88256 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |