PENGARUH TERPAAN KAMPANYE BOIKOT DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMBOIKOT MCDONALD’S SEBAGAI PERUSAHAAN PRO-ISRAEL (Studi pada Mahasiswa Pengguna Aktif Instagram di FISIP Universitas Lampung)

ALYA, NIRWANA (2025) PENGARUH TERPAAN KAMPANYE BOIKOT DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMBOIKOT MCDONALD’S SEBAGAI PERUSAHAAN PRO-ISRAEL (Studi pada Mahasiswa Pengguna Aktif Instagram di FISIP Universitas Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3099Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2204Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media sosial merupakan platform yang efektif untuk menyebarkan informasi dan membentuk opini publik, terutama dalam kampanye sosial yang berhubungan dengan isu-isu global. Kampanye boikot terhadap produk tertentu kerap menjadi viral melalui platform seperti Instagram, yang dapat memengaruhi sikap dan keputusan konsumen terhadap suatu perusahaan. Instagram tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi, tetapi juga memiliki logika kerja tersendiri. Mengacu pada konsep Social Media Logic (van Dijck & Poell, 2013), penyebaran kampanye boikot di Instagram dipengaruhi oleh elemen-elemen seperti programmability, popularity, connectivity, dan datafication, yang secara algoritmik mengatur paparan informasi berdasarkan perilaku dan interaksi pengguna. Penelitian ini mengkaji pengaruh terpaan kampanye boikot di Instagram terhadap keputusan mahasiswa FISIP Universitas Lampung untuk memboikot McDonald's sebagai perusahaan pro-Israel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan melibatkan 96 responden yang merupakan mahasiswa aktif FISIP Universitas Lampung, yang telah memboikot McDonald's sebagai perusahaan pro-Israel dan merupakan pengguna aktif Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan kampanye boikot melalui Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk memboikot McDonald's, dengan nilai t_hitung 7,288 > t_tabel 1,985. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 36,1% menunjukkan bahwa kampanye boikot di Instagram memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa, sementara sisanya 63,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301201919 . Digilib
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:27
Terakhir diubah: 11 Jun 2025 03:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88256

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir