PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD PADA MATERI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK SISWA KELAS X SMA

PUNGKAS , ARROYAN ADIPUTRA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD PADA MATERI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK SISWA KELAS X SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3266Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2143Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi nearpod pada materi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian yang digunakan, yaitu Research and Development (R&D), dengan mengikuti langkah model desain 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kotabumi pada siswa kelas X mata pelajaran Informatika. Teknik analisis data yang digunakan adalah kevalidan dan kepraktisan produk yang diperoleh melalui angket ahli media, angket ahli materi, angket respons siswa, dan angket persepsi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kevalidan produk dari ahli media sebesar 3,38 dikategorikan sangat valid, dan penilaian ahli materi sebesar 3,91 dikategorikan sangat valid. Uji coba kepraktisan yang ditinjau dari respons siswa diperoleh nilai persentase sebesar 90,70% dengan kategori sangat praktis, dan hasil dari persepsi guru diperoleh nilai persentase sebesar 95,62% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif dapat membantu pemahaman dan keterampilan siswa pada materi Teknologi Informasi dan Komunikasi lebih baik dan menarik. Kata Kunci: Informatika, Media Pembelajaran Interaktif, Nearpod, Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2301199981 . Digilib
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:54
Terakhir diubah: 11 Jun 2025 03:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88269

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir