PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR, DAN GAYA BELAJAR, TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG

AHMAD, MUZAKIR (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR, DAN GAYA BELAJAR, TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2648Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2356Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Artificial Intelligence (AI), motivasi belajar, dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung. Latar belakang studi ini berfokus pada perkembangan digital di dunia pendidikan, khususnya penggunaan AI dalam kegiatan pembelajaran. Teknologi AI dianggap mampu menunjang personalisasi proses belajar, meningkatkan semangat belajar, serta mendorong penguatan kemampuan berpikir kritis yang penting di era abad ke-21. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Respondennya adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2022 dan 2023 yang telah menggunakan AI dalam kegiatan belajar. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang mengukur variabel penggunaan AI, motivasi belajar, gaya belajar (visual, auditori, kinestetik), dan keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh signifikan antara AI, motivasi, dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa, baik secara individu maupun bersama-sama. Hal ini menunjukkan bahwa integrasi AI yang sesuai, bila didukung oleh motivasi internal dan gaya belajar yang tepat, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Namun, hasil juga menunjukkan potensi dampak negatif seperti ketergantungan pada AI dan munculnya technostress. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan institusi pendidikan tinggi untuk menyeimbangkan pemanfaatan teknologi dengan pengembangan kemandirian berpikir kritis mahasiswa. Kata Kunci: Artificial Intelligence (AI), motivasi belajar, gaya belajar, keterampilan berpikir kritis, mahasiswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2308535120 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2025 02:29
Terakhir diubah: 12 Jun 2025 02:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88326

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir