IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG

REFINA , AMALIA TAUFIQ (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG. ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Namun, di Kota Bandar Lampung, angka putus sekolah masih menjadi tantangan utama dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan program pembangunan berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian diarahkan pada empat indikator implementasi kebijakan menurut teori Richard E. Matland, yaitu ketepatan kebijakan, ketepatan pelaksanaan, ketepatan target, dan ketepatan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pembangunan berkelanjutan dalam sektor pendidikan telah berjalan namun masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan sarana dan prasarana serta belum meratanya kompetensi guru. Meskipun angka putus sekolah mengalami penurunan, tantangan dalam meningkatkan mutu pendidikan tetap memerlukan perhatian serius dari pemerintah daerah. Oleh karena itu, sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat perlu diperkuat untuk memastikan tercapainya tujuan pendidikan berkualitas sesuai target pembangunan berkelanjuta pada tahun 2030. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pembangunan Berkelanjutan, Pendidikan Berkualitas. Education plays a strategic role in national development and improving the quality of human resources. However, in Bandar Lampung City, the dropout rate remains a major challenge in achieving quality education. This study aims to analyze the implementation of sustainable development program policies in enhancing the quality of education in Bandar Lampung City. The research method used is descriptive qualitative, with data collection techniques through interviews, observations, and documentation. The research focuses on four indicators of policy implementation based on Richard E. Matland's theory: policy accuracy, implementation accuracy, target accuracy, and environmental accuracy. The results show that the implementation of the sustainable development program in the education sector has been carried out but still faces several obstacles, such as limited infrastructure and, unqual teacher competencies. Although the dropout rate has decreased, challenges in improving educational quality still require serious attention from the local government. Therefore, stronger synergy among the government, educational institutions, and the community is needed to ensure the achievement of quality education in line with the sustainable development goals by 2030. Key words : Policy Implementation, Sustainable Development, Quality Education.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2301942757 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:29
Terakhir diubah: 13 Jun 2025 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88569

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir