NOVILIANA , RAHMAWATI (2025) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MARKET PLACE ACTIVITY DAN TAKE AND GIVE DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAGELARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (251Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1443Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1193Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan perbedaan minat belajar siswa, serta kurangnya penerapan model pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe market place activity dan tipe take and give dengan memperhatikan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah komparatif dengan pendekatan quasy eksperimen, dan desain faktorial 2x3, serta teknik sampling yaitu cluster random sampling berjumlah 70 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dokumentasi, eksperimen, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe market place activity dan tipe take and give, terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, sedang, maupun rendah, ratarata hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe market place activity lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe take and give pada siswa yang minat belajarnya tinggi, sedang, dan rendah, serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi. Kata Kunci: Hasil Belajar Ekonomi, Market Place Activity, Minat Belajar, Take And Give. This research is motivated by the low learning outcomes and differences in students learning interest, as well as the lack of application of learning models in economics subjects. The purpose of this study was to examine the differences in students economic learning outcomes whose learning uses cooperative learning models of the market place activity type and the take and give type by paying attention to student learning interests. The method used is comparative with a quasiexperimental approach as well as a 2x3 factorial design, and a sampling technique, namely cluster random sampling totaling 70 students. Data collection was carried out using interviews, observations, questionnaires, documentation, experiments, and tests. Hypothesis testing used Two-Way ANOVA and Two Independent Sample t-Test. The result of the analysis show that there are differences in the economic learning outcomes of students whose learning uses the cooperative learning model of the market placeactivity type and the take and give type, there are differences in the economic learning outcomes between students who have high, medium, and low learning interest, the average economic learning outcomes of students whose learning uses the cooperative learning model of the market place activity type are higher than those who use the cooperative learning model of the take and give type in students with high, medium, and low learning interest, and there is no interaction between the learning model and learning interest on economic learning outcomes. Keyworsd: Economic Learning Outcomes, Learning Interest, Market Place Activity, Take And Give
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 2301009147 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:32 |
Terakhir diubah: | 13 Jun 2025 07:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88579 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |