WULAN, SYAH HIDAYATULLAH (2025) PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PHY-PHOX UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI GERAK JATUH BEBAS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2017Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1488Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Phy-phox dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan mengatasi miskonsepsi pada materi gerak jatuh bebas di SMA Negeri 1 Raman Utara pada tahun ajaran 2024/2025 semester genap. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan subjek penelitian sebanyak 28 peserta didik di kelas XII.5. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest yang berfokus pada pemahaman konsep gerak jatuh bebas serta pengukuran tingkat miskonsepsi yang dialami peserta didik. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan KPS yang signifikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai N-gain sebesar 0,58 yang termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, persentase miskonsepsi peserta didik pada pretest mencapai 37,49% sementara pada posttest menurun menjadi 17,50% yang menunjukkan adanya penurunan tingkat miskonsepsi setelah pembelajaran dengan aplikasi Phy-Phox. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Phy-Phox efektif dalam meningkatkan KPS dan mengatasi miskonsepsi pada materi gerak jatuh bebas di SMA Negeri 1 Raman Utara. Kata kunci: Aplikasi Phy-Phox, Discovery Learning, Gerak Jatuh Bebas, Keterampilan Proses Sains, Miskonsepsi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2301381454 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:42 |
Terakhir diubah: | 13 Jun 2025 07:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88585 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |