MIEM FATTIMA , SYAHARANI (2025) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2213Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2137Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun di TK Aisyiyah 1 Enggal masih belum optimal. Anak-anak masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak dan menyelesaikan permasalahan secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode praeksperimental dan desain one group pretreatment-postreatment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5–6 tahun di TK Aisyiyah 1 Enggal yang berjumlah 30 anak, dengan sampel sebanyak 15 anak yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi terhadap indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis anak setelah diberikan perlakuan menggunakan metode eksperimen. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis anak, sehingga hipotesis Ha diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode eksperimen dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: berpikir kritis, metode eksperimen, anak usia dini
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Pengguna Deposit: | 2506274861 Digilib |
Date Deposited: | 14 Jun 2025 05:35 |
Terakhir diubah: | 14 Jun 2025 05:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88640 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |