PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN

MIEM FATTIMA , SYAHARANI (2025) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2213Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2137Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun di TK Aisyiyah 1 Enggal masih belum optimal. Anak-anak masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak dan menyelesaikan permasalahan secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode praeksperimental dan desain one group pretreatment-postreatment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5–6 tahun di TK Aisyiyah 1 Enggal yang berjumlah 30 anak, dengan sampel sebanyak 15 anak yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi terhadap indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis anak setelah diberikan perlakuan menggunakan metode eksperimen. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis anak, sehingga hipotesis Ha diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode eksperimen dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: berpikir kritis, metode eksperimen, anak usia dini

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: 2506274861 Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2025 05:35
Terakhir diubah: 14 Jun 2025 05:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88640

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir