STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI

LAILA , RAHMADANI (2025) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (318Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FUL TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FUL TANPA PEMBATASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Project Based Learning (PjBL), serta menganalisis pengaruh aktivitas belajar sebagai variabel pemoderasi terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan komparatif dan desain eksperimen semu, dengan sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling dari siswa kelas XI.6 dan XI.11 SMA Negeri 1 Terusan Nunyai, berjumlah 79 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, angket, dokumentasi, dan eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis varian dua jalur (twoway ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada rata-rata hasil belajar ekonomi siswa antara model pembelajaran PBL dan PjBL, serta ditemukan adanya interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai efektivitas kedua model pembelajaran serta peran aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Terusan Nunyai. Kata kunci: Aktivitas belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Project Based Learning. This study aims to compare the economic learning outcomes of students who use the Problem Based Learning (PBL) learning model with Project Based Learning (PjBL), and analyze the effect of learning activity as a moderating variable on student learning outcomes. The method used is a quasi-experiment with a comparative approach and a pseudo-experimental design, with samples taken using random sampling techniques from class XI.6 and XI.11 SMA Negeri 1 Terusan Nunyai, totaling 79 students. Data were collected through observation, interviews, tests, questionnaires, documentation, and experiments. Hypothesis testing was conducted using two-way ANOVA. The results showed a significant difference in the average student economic learning outcomes between PBL and PjBL learning models, and found an interaction between learning models and learning activities on student economic learning outcomes. This research is expected to provide insight into the effectiveness of the two learning models and the role of learning activities in improving economic learning outcomes at SMA Negeri 1 Terusan Nunyai. Keywords: Learning outcomes, learning activities, problem-based learning, projecet based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2301588931 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2025 05:53
Terakhir diubah: 14 Jun 2025 05:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88658

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir