PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Raena Ika, Fitri (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Fakoltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI_RAENA IKA FITRI.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI LENGKAP_RAENA IKA FITRI_2113054036.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1394Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_RAENA IKA FITRI.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di TK Mahkota Bunda Bandar Lampung yang menunjukkan rendahnya keterlibatan anak dalam proses pembelajaran. Anak-anak cenderung pasif, enggan menciptakan ide, kurang tertarik untuk mengambil keputusan dalam pemecahan masalah, serta hanya menerima informasi tanpa berusaha mencari jawaban sendiri. Beberapa anak juga cenderung mengikuti ide teman tanpa mengemukakan gagasan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEAM terhadap berpikir kritis anak usia 5–6 tahun. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain one group pre treatment post treatment. Hasil analisis menggunakan uji statistik menunjukkan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dan 0,005, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran STEAM terhadap berpikir kritis anak usia dini. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan STEAM efektif diterapkan pada anak usia dini melalui kegiatan yang menyenangkan, seperti eksperimen sederhana dan pengamatan langsung, yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2506899270 Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2025 03:19
Terakhir diubah: 15 Jun 2025 03:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88669

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir