PENGARUH PERSEPSI PASIEN PENGGUNA LAYANAN BPJS TERHADAP CITRA PELAYANAN BPJS DI RUANGAN PENYAKIT DALAM INFEKSIUS RSUD ABDOEL MOELOEK

SALSABILA, KHARISMA MAKKI (2025) PENGARUH PERSEPSI PASIEN PENGGUNA LAYANAN BPJS TERHADAP CITRA PELAYANAN BPJS DI RUANGAN PENYAKIT DALAM INFEKSIUS RSUD ABDOEL MOELOEK. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2074Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1642Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Layanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang krusial bagi masyarakat. Sebagai penyelenggara program jaminan kesehatan nasional, BPJS Kesehatan memiliki peran strategis dalam menjamin akses terhadap layanan medis yang berkualitas. Namun, persepsi negatif yang berkembang di kalangan pasien pengguna BPJS dapat berdampak pada citra layanan tersebut, terutama dalam unitunit rawat inap seperti Ruangan Penyakit Dalam Infeksius RSUD Abdoel Moeloek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh persepsi pasien pengguna layanan BPJS terhadap citra pelayanan BPJS di ruangan tersebut. Teori yang digunakan adalah teori persepsi konstruktif dari Richard Gregory. Persepsi pasien diukur melalui empat dimensi: pengalaman sebelumnya, harapan, emosi, dan konteks sosial; sedangkan citra pelayanan diukur melalui lima dimensi: bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Jumlah responden sebanyak 84 pasien pengguna layanan BPJS di Ruangan Penyakit Dalam Infeksius RSUD Abdoel Moeloek. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,431 atau 43,1% yang berarti bahwa persepsi pasien pengguna layanan BPJS memiliki pengaruh sebesar 43,1% terhadap citra pelayanan BPJS, sedangkan sisanya sebesar 56,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini membuktikan bahwa persepsi pasien, baik dari sisi pengalaman maupun ekspektasi dan konteks sosial, berkontribusi besar dalam membentuk citra layanan kesehatan. Kata Kunci: BPJS Kesehatan, Citra Pelayanan, Pelayanan Kesehatan, Persepsi Pasien, RSUD Abdoel Moeloek

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301312102 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2025 03:35
Terakhir diubah: 15 Jun 2025 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88683

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir