PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA AL-HUDA JATI AGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

HELDY, TIARA SANI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA AL-HUDA JATI AGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2010Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1685Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran geografi di SMA Al-Huda Jati Agung tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain one group only posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA AlHuda Jati Agung dengan sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 1 yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Jumlah siswa pada sampel yakni berjumlah 31 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas XI IPS 1. Dimana rata-rata nilai akhir akhir siswa adalah 77,7. Analisis regresi linier sederhana pada kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,031<0,050. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: model pembelajaran, project based learning, berpikir kreatif, geografi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2308724328 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2025 03:46
Terakhir diubah: 15 Jun 2025 03:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88688

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir