SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN AUTO LEARNING DENGAN ALGORITMA ITERATIVE DICHOTOMISER 3 (ID3) (Studi Kasus: Penjurusan Siswa SMA)

Yusuf, Hilman Hudaya (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN AUTO LEARNING DENGAN ALGORITMA ITERATIVE DICHOTOMISER 3 (ID3) (Studi Kasus: Penjurusan Siswa SMA). Fakultas MIPA, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (659Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (387Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (796Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176Kb) | Preview

Abstrak

Jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki kebijakan untuk menentukan jurusan yang akan menempatkan siswa di jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Dengan mengembangkan sistem pendukung keputusan auto learning dengan algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3) dapat membantu guru dalam menentukan keputusan jurusan untuk siswa. Algoritma ID3 adalah bagian dari teknik learning pada bidang ilmu kecerdasan buatan. Dengan menggunakan sample data penjurusan siswa sebelumnya sebagai data latih pada sistem pendukung keputusan, maka sistem dapat memberikan dukungan keputusan yang dapat dijadikan acuan bagi guru dalam mengambil keputusan. Untuk mendapatkan akurasi keputusan yang baik, maka dibutuhkan data latih dengan varietas yang beragam. Sistem ini dapat memproses data yang diujikan menjadi pengalaman jika data tersebut tidak sama dengan data latih. Pemrosesan pengalaman ini memungkinkan sistem menambah lebih banyak data latih. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin banyak data latih dengan varietas yang baik dapat membuat akurasi keputusan yang dihasilkan semakin tinggi. Selain itu algoritma ID3 yang diimplementasikan tahan terhadap data-data yang terdapat kesalahan (data noise) sehingga keputusan cenderung konsisten. Kata kunci : algoritma Iterative Dichotomiser (ID3), auto learning, kecerdasan buatan, penjurusan siswa SMA, Sistem Pendukung Keputusan (SPK).

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > QA Mathematics > QA76 Computer software
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, S.I.Pust.
Date Deposited: 03 Feb 2014 05:27
Last Modified: 03 Feb 2014 05:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/888

Actions (login required)

View Item View Item