STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN BUKU DIGITAL DAN BUKU CETAK MELALUI MINAT MEMBACA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

CHAIRUNNISA LUKY , PUTRI (2025) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN BUKU DIGITAL DAN BUKU CETAK MELALUI MINAT MEMBACA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (249Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1917Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1704Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar dan perbedaan minat membaca siswa, serta kurangnya penerapan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbandingan hasil belajar IPS yang pembelajarannya menggunakan buku digital dan yang pemebelajarannya buku cetak melalui minat membaca pada siswa SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen pendekatan komparatif dengan desain faktorial 2x2, teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling berjumlah 59 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang pembelajaranya menggunakan buku digital dibandingkan pembelajaran menggunakan buku cetak; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat membaca tinggi dan siswa dengan minat membaca rendah; 3) Ratarata hasil belajar IPS yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran buku digital lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan buku cetak pada siswa yang memiliki minat membaca tinggi; 4) Rata-rata hasil belajar IPS yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran buku digital lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan buku cetak pada siswa yang memiliki minat membaca rendah; 5) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan minat membaca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Kata Kunci: Buku Cetak, Buku Digital, Hasil Belajar, Minat Membaca Siswa. This study was motivated by the low learning outcomes and differences in students' interest in reading, as well as the lack of application of learning media in social studies subjects. This study aims to examine the comparison of social studies learning outcomes whose learning uses digital books and whose learning is printed books through reading interest in students of SMP Negeri 8 Bandar Lampung. The method in this study used an experimental research method comparative approach with a 2x2 factorial design, the sampling technique used was cluster random sampling totaling 59 students. Data collection using observation, interviews, documentation, tests, and experiments. Hypothesis testing using Anava Two Way and t-Test Two Independent Samples. The results of the analysis show that: 1) There are differences in social studies learning outcomes of students whose learning uses digital books compared to learning using printed books; 2) There are differences in social studies learning outcomes of students who have a high interest in reading and students with low interest in reading; 3) The average social studies learning outcomes taught by using digital book learning media is higher than that of learning using printed books on students who have a high interest in reading; 4) The average social studies learning outcomes taught by using digital book learning media is higher than that of learning using printed books on students who have a low interest in reading; 5) There is a difference in social studies learning outcomes between students who have a high interest in reading and students who have a low interest in reading. Keywords: Digital Book, Learning Outcomes, Print Book, Student Reading Interest.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2506246774 Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:08
Terakhir diubah: 17 Jun 2025 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88833

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir