Rizki , Atmoko Dwinata (2025) PENGEMBANGAN SCRABB GEH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI BEDANA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (436Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (8Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (8Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran tari bedana di SMK Negeri 3 Metro hanya berlangsung dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kurang didukung oleh media pembelajaran yang baik. Selain itu, jumlah tenaga pendidik yang terbatas membuat siswa kesulitan dalam memahami materi tari. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran bernama Scrabb Geh yang bisa membantu dalam proses belajar tari bedana di ekstrakurikuler seni tari serta untuk menguji kelayakan dan daya tariknya. Penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan melalui 4 tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate, melibatkan 42 siswa, 1 guru seni budaya, 1 ahli materi, dan 1 ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Scrabb Geh mendapat penilaian 96% dari ahli media dan 84% dari ahli materi, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Untuk aspek daya tarik, siswa menilai 73,95%, yang dianggap menarik. Media ini didistribusikan melalui platform YouTube, Instagram, dan TikTok yang menunjukkan hasil interaksi cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Scrabb Geh dianggap layak digunakan sebagai media pembelajaran tari Bedana dalam ekstrakurikuler dan memiliki potensi untuk memperbaiki pemahaman siswa lewat pendekatan yang lebih inovatif dan menarik. Media Scrabb Geh dapat diakses melalui link https://bit.ly/scrabb-geh pada google drive. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Scrabb Geh, Tari Bedana
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 2506077736 Digilib |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 07:16 |
Terakhir diubah: | 17 Jun 2025 07:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88881 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |