PENGEMBANGAN SCRABB GEH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI BEDANA

Rizki , Atmoko Dwinata (2025) PENGEMBANGAN SCRABB GEH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI BEDANA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (436Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran tari bedana di SMK Negeri 3 Metro hanya berlangsung dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kurang didukung oleh media pembelajaran yang baik. Selain itu, jumlah tenaga pendidik yang terbatas membuat siswa kesulitan dalam memahami materi tari. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran bernama Scrabb Geh yang bisa membantu dalam proses belajar tari bedana di ekstrakurikuler seni tari serta untuk menguji kelayakan dan daya tariknya. Penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan melalui 4 tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate, melibatkan 42 siswa, 1 guru seni budaya, 1 ahli materi, dan 1 ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Scrabb Geh mendapat penilaian 96% dari ahli media dan 84% dari ahli materi, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Untuk aspek daya tarik, siswa menilai 73,95%, yang dianggap menarik. Media ini didistribusikan melalui platform YouTube, Instagram, dan TikTok yang menunjukkan hasil interaksi cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Scrabb Geh dianggap layak digunakan sebagai media pembelajaran tari Bedana dalam ekstrakurikuler dan memiliki potensi untuk memperbaiki pemahaman siswa lewat pendekatan yang lebih inovatif dan menarik. Media Scrabb Geh dapat diakses melalui link https://bit.ly/scrabb-geh pada google drive. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Scrabb Geh, Tari Bedana

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2506077736 Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2025 07:16
Terakhir diubah: 17 Jun 2025 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88881

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir