Dhea , Salsabilla Alsa (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (374Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (7Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Global Madani Bandar Lampung dengan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol, menggunakan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data berupa tes esai dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai N-gain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 56,93 dan kelas kontrol sebesar 31,67, keduanya berkategori sedang. N-gain self-efficacy pada kelas eksperimen sebesar 45,59 (sedang), sedangkan kelas kontrol sebesar 16,92 (rendah). Uji hipotesis dengan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 untuk kedua variabel, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy setelah diterapkannya pembelajaran PBL. Uji independent sample ttest menunjukkan signifikansi 0,02 < 0,05 untuk keterampilan berpikir kritis dan 0,00 < 0,05 untuk self-efficacy, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas PBL dan kelas konvensional. Dengan demikian, penerapan model PBL berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Self Efficacy.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2506582570 Digilib |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 12:25 |
Terakhir diubah: | 17 Jun 2025 12:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88941 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |