PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

Dhea , Salsabilla Alsa (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (374Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Global Madani Bandar Lampung dengan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol, menggunakan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data berupa tes esai dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai N-gain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 56,93 dan kelas kontrol sebesar 31,67, keduanya berkategori sedang. N-gain self-efficacy pada kelas eksperimen sebesar 45,59 (sedang), sedangkan kelas kontrol sebesar 16,92 (rendah). Uji hipotesis dengan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 untuk kedua variabel, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy setelah diterapkannya pembelajaran PBL. Uji independent sample ttest menunjukkan signifikansi 0,02 < 0,05 untuk keterampilan berpikir kritis dan 0,00 < 0,05 untuk self-efficacy, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas PBL dan kelas konvensional. Dengan demikian, penerapan model PBL berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan self-efficacy peserta didik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Self Efficacy.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2506582570 Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2025 12:25
Terakhir diubah: 17 Jun 2025 12:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88941

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir