KORELASI ANTARA SIKAP MORAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 BANJIT

Yunita , Andriyani (2025) KORELASI ANTARA SIKAP MORAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 BANJIT. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (266Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2375Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2235Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui hubungan antara sikap moral dengan prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Banjit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMK Negeri 2 Banjit tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 107 responden dari total populasi sebanyak 147 peserta didik yang diperoleh melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai teknik utama, serta observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik penunjang. Berdasarkan hasil analisis data dengan bantuan program SPSS, diketahui bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara sikap moral (Variabel X) dengan prestasi belajar peserta didik (Variabel Y), dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,690. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan, artinya semakin baik sikap moral yang dimiliki peserta didik, maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai. Sikap moral yang baik membantu peserta didik dalam membentuk perilaku disiplin, bertanggung jawab, serta meningkatkan motivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa sikap moral memiliki peran penting dalam mendukung peningkatan prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 2 Banjit. Penguatan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif, serta mendorong peserta didik untuk lebih giat dalam belajar dan mencapai hasil yang maksimal. Oleh karena itu, pengembangan sikap moral peserta didik perlu menjadi perhatian utama dalam proses pendidikan karakter di sekolah. Kata kunci : Moral, Pembentukan karakter, Peserta didik, Prestasi belajar, Sikap moral

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: 2506637820 Digilib
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:11
Terakhir diubah: 18 Jun 2025 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89004

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir