PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 SIDOREJO

Rosyid, Bayu Pamungkas (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 SIDOREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1790Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1623Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 1 Sidorejo. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran game-based learning berbantuan media teka-teki silang (TTS) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 1 Sidorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen non-equivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 66 peserta didik, dengan sampel sebanyak 44 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes sebagai instrumen utama serta observasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran game-based learning berbantuan media TTS terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SDN 1 Sidorejo. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil Fhitung ˃ Ftabel yaitu 20,791 ˃ 4,35 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran game-based learning berbantuan media teka-teki silang (TTS) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2506228717 Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2025 03:55
Terakhir diubah: 21 Jun 2025 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89223

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir