PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA PADA ANAK TERHADAP ETIKA PERILAKU PESERTA DIDIK DI MTs AL-HUDA PRINGSEWU

Trisna , Yuwanda (2025) PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA PADA ANAK TERHADAP ETIKA PERILAKU PESERTA DIDIK DI MTs AL-HUDA PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1116Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (911Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi orang tua pada anak terhadap etika perilaku peserta didik di MTs Al-Huda Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik di MTs Al-Huda Pringsewu tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 responden. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan teknik random sampling sebagai teknik pokok, dan teknik penunjang observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian, ditemukan adanya pengaruh antara komunikasi orang tua (variabel X) terhadap etika perilaku (variabel Y) dengan hasil presentase 44,6% dan 55,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar komunikasi orang tua. Penelitian ini penting untuk mengidentifikasi dampak dari komunikasi orang tua terutama indikator keterbukaan terhadap tindakan manusia, kesadaran, dan tanggung jawab anak di sekolah. Melalui komunikasi orang tua, peserta didik dapat memahami setiap tindakan yang akan dilakukan karena dalam hal ini orang tua berperan penting dalam pembentukan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi orang tua pada anak terhadap etika perilaku peserta didik di sekolah. Komunikasi yang efektif, terbuka, dan konsisten antara orang tua dan anak tentunya akan membentuk dasar nilai norma yang menjadi pedoman perilaku peserta didik dalam lingkungan sekolah. Kata Kunci : Komunikasi, Orang Tua, Etika Perilaku, Kesadaran, Peserta Didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: 2301180942 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2025 08:05
Terakhir diubah: 21 Jun 2025 08:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89285

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir